BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 31 Januari 2013

kanibalisme pada manusia

Mendengar kata kanibal pasti kesan pertama yang kita dapat adalah mengerikan dan menjijikkan. Memang kanibalisme terkesan menyandang hukum rimba, siapa yang kuat dialah yang menang.
Dalam islam kanibal sama dengan menggunjing (ghibah). Terbukti dalam firman Allah QS. Al Hujurat :12

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا

فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang."
(Q.S. Al-Hujurat : 12)






Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
" Setiap muslim terhadap muslim lainnya haram, darahnya, hartanya dan kehormatan dirinya (H.R. Muslim)"

Meskipun menggunjing tidak melukai fisik orang tersebut, tetapi aib orang yang digunjingkan itu akan tersebar dan menjadikan image nya buruk dimata orang lain. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka hendaklah kita bersikap bijak untuk tidak melukai perasaan orang lain dengan menebarkan kebohongan dan aib seseorang kepada orang lain, agar kita tidak termasuk manusia kanibal dan dilaknat oleh Allah.
na'udzubillah..!

0 komentar: